Terbetik

Komentar

Atribut RSBI di Sumbar Dihapuskan Pola Pembelajaran Tetap

padangmedia.com , Sabtu, 26 Januari 2013 11:45 wib

PADANG-Seluruh atribut yang menyangkut Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau RSBI di Sumatera Barat akan dihapus menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi menghapuskan lembaga pendidikan dimaksud.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Syamsurizal mengatakan, meskipun seluruh atribut menyangkut RSBI seperti stempel. Kop surat dan merek dihapus, diharapkan tidak mempengaruhi semangat proses belajar mengajar.

"Kepala daerah diharapkan tetap mempertahankan pola pembelajaran yang berlaku di RSBI," kata Syamsurizal Sabtu, (26/01).

Pasca pembubaran RSBI dan SBI oleh Mahkamah Konstitusi, jumlah sekolah model RSBI dan SBI di Sumatera Barat yang akan dihapus terdapat 10 SMA Negeri dan 12 SMK Negeri serta 9 SMP Negeri dan 5 SD Negeri.

"Dalam waktu dekat, mereka dan stempel serta kop suratnya akan dihapus sehingga tidak terjadi pembedaan sekolah satu sama lain," katanya.

Sementara itu, MK dalam putusannya membatalkan Pasal 50 ayat (3) UU Sisdiknas karena bertentangan dengan Pasal 28C Ayat (1), Pasal 28I ayat (2) dan Pasal 32 atay (1), (2), (3) serta Pasal 36 UUU 1945.

Pasal tersebut dibatalkan atas permohonan sejumlah orangtua murid dan aktivis pendidikan, karena mereka menilai pasal itu berpotensi diskriminatif karena hanya orang berkemampuan dari segi ekonomi yang bisa bersekolah disitu. (Musfah)

Berita Terkait