Terbetik

Komentar

SMP N 1 Rao Selatan Juara Lomba Sekolah Sehat

padangmedia.com , Kamis, 27 Desember 2012 17:12 wib

PASAMAN - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rao Selatan meraih predikat sekolah terbersih  pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tahun 2012 untuk kategori SMP-sederajat tingkat Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Hal itu ditandai  dengan penyerahan piagam penghargaan dari Bupati Pasaman Benny Utama sebagai pemenang pertama atas jasanya di bidang pembangunan kesehatan. Khususnya dalam pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

"Alhamdulillah, sekolah ini terpilih sebagai pemenang pertama pada lomba sekolah sehat kategori UKS, dan mampu mengalahkan puluhan SMP di daerah ini," ungkap Kepala Sekolah SMPN 1 Rao Selatan, Drs Fakhri MMPd, saat ditemui di kantornya, Kamis (27/12).

Menurut Fakhri, terpilihnya sekolah tersebut sebagai pemenang pada LSS tersebut merupakan anugerah dan buah kerja keras dari seluruh pihak di sekolah yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan sekolah itu di berbagai aspek.

"Ini adalah berkat buah kerja keras seluruh pihak. Mulai dari majelis guru, karyawan, komite, masyarakat dan juga para siswa yang sangat berkomitmen memajukan sekolah ini," akunya.

Fakhri menuturkan, penilaian dilakukan oleh Tim beberapa waktu lalu, ditunjuk berdasarkan SK Bupati Pasaman untuk melakukan penilaian sekolah sehat.

"Beberapa item dinilai oleh Tim yang ditunjuk Bupati Pasaman, mulai dari kebersihan ruang kelas, toilet, perpustakaan, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), taman dan lainnya," katanya.

Jauh sebelum itu, kata dia, pembenahan telah dilakukan diawal kepemimpinannya sebagai kepala sekolah di SMP favorit tersebut, bersama komite dan majelis guru.

"Jauh hari penataan telah dilakukan, mulai dari penataan jalan masuk, tempat parkir, taman, sanitasi sekolah, UKS, ruang kelas dan musholla, dipercantik dan difungsikan hingga layak untuk dipergunakan," ulasnya.

Selain itu, setiap minggunya sekolah tersebut mengadakan kegiatan keagamaan guna menumbuhkan dan meningkatkan Imtaq di kalangan siswa di sekolah itu. 

"Sebanyak 695 siswa di sekolah ini diberi siraman rohani setiap minggunya, mulai dari kegiatan kultum siswa, yasinan, ceramah ustadz serta kegiatan qasidah rebana," ucapnya.

Sebagai juara sekolah sehat tingkat Kabupaten Pasaman, SMP Negeri 1 Rao Selatan berhak mewakili Pasaman untuk lomba yang sama ditingkat provinsi Sumbar tahun depan.  (wahyu)