Terbetik

Dinkes Penyuluhan HIV/AIDS di Sekolah dan Lapas

padangmedia.com , Kamis, 13 Desember 2012 06:52 wib

AGAM - Dalam rangka memperingati hari HIV/AIDS sedunia, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam melaksanakan memberikan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS ke berbagai kalangan. Di antaranya pada 25 SMA di Agam, Lapas II A Maninjau dan Lapas II B Lubuk Basung. Selain itu, dilakukan VCT (Voluntary Conselling and Testing) untuk menjaring penderita HIV/AIDS di Lapas.

"Kegiatan ini juga dilakukan untuk menunjukkan komitmen Dinkes Agam dalam mewujudkan MDGS 2015," Jelas Kepala Dinkes Agam, dr. Indra,  Rabu(12/12). 

Dikatakan, sasaran dari penyuluhan adalah 95 persen pelajar SMA di Agam. Hal itu mengingat makin tingginya angka kejadian HIV/AIDS di kalangan anak sekolah. Dengan diberikannya penyuluhan, diharapkan para siswa dapat mengetahui, memahami dan mengenal tata cara pencegahan dan menghindari penyakit HIV/AIDS. Selain itu, diberikan juga santapan rohani mengenai pandangan Islam terhadap penyakit itu.

"Kegiatan ini dilakukan dengan melibatkan seluruh sektor terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, BPPKB, Puskesmas, Polsuspas, Kemenang, Kesra dan lainya," katanya, Rabu (12/12).

dr Indra menghimbau masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Agam, agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit HIV/AIDS. Karena, selain sangat berbahaya, sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkanya.

Ia juga menegaskan untuk tidak pernah mencoba atau mendekati faktor risiko tertularnya HIV/AIDS. (wan)

 

Berita Terkait