Usia Harapan Hidup di Sumbar Saat Ini 70 Tahun

padangmedia.com , Selasa, 20 November 2012 14:53 wib

UHH di Sumbar semakin meningkat mencapai 70 tahun. (foto: google plus)

PADANG - Rata - rata usia hidup orang Indonesia saat ini ternyata semakin panjang. Saat ini, Usia Harapan Hidup (UHH) populasi Indonesia bisa mencapai 70 tahun. Sementara, Sumatera Barat berada di urutan kedua setelah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk usia harapan hidup di seluruh Indonesia.

Hal itu dikatakan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, dr.H. Ahmad Rozali Namursa MBA MEpid.

Menurutnya, hal itu menunjukkan semakin tingginya partisipasi masyarakat dalam wawasan kependudukan.

"Angka harapan hidup merupakan salah satu indikator derajat kesehatan  suatu negara. Juga sebagai acuan dalam perencanaan program-program kesehatan," ujar Rozali saat membuka Seminar Wawasan Kependudukan di Pangeran Beach Hotel, Selasa (20/11).

Menurutnya, program keberhasilan program kependudukan tak lepas dari partisipasi masyarakat. Untuk itu, kemitraan berwawasan kependudukan senantiasa perlu ditingkatkan.

"Penduduk Sumatera Barat yang telah mencapai 4,8 juta jiwa untuk rasionalisasi luas wilayah 42.297,30 km telah melampui sebaran rasionalisasi ideal yang hanya 14 jiwa per kilometer," tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, sebaran penduduk Sumatera Barat mencapai 115 jiwa per kilometer. Artinya, rasio ideal tersebut jauh terlampaui.

"Upaya mengembalikan angka ideal tidaklah mudah. Yang perlu dilakukan saat ini adalah mempertahankan kesejahteraan dan kesehatan serta menekan angka pertumbuhan penduduk dengan program KB," lanjutnya. (der)

Berita Terkait