Terbetik

Komentar

Dendeng Daun Singkong Rita, Wow!

padangmedia.com , Jumat, 09 November 2012 21:06 wib

Rita Yanti Pengusaha dendeng daun singkong

Dendeng dari daging itu sudah biasa, jika ada dendeng yang dibuat dari daun singkong itu baru agak mengherankan.

Tapi itu memang ada, buktinya Rita Yanti warga jalan Cindua Mato No. 34 Lapai, Kota Padang telah hampir setahun ini mengembangkan usaha membuat dendeng daun singkong ini.

"Usaha membuat dendeng daun singkong ini telah saya mulai sejak awal 2012. Mulanya saya hanya coba - coba karena terinspirasi oleh pembuat makanan berbahan sama yang saya akses di internet. Akan tetapi saya membuat formulasi sendiri. Sampai akhirnya saya temukan formula yang saya rasa tepat dan rasanya menurut kebanyakan orang yang telah mencoba juga enak,"terang Rita saat ditemui padangmedia.com di Bazaar Muharram di pelataran parkir Lapangan Imam Bonjol Padang.

Rita menyilakan untuk mencicipi dendeng daun singkong tersebut. Wow, harus diakui rasanya enak. Beberapa orang yang mencicipi juga ikut bilang wow.

Rita bersedia menjelaskan saat ditanya bahannya apa saja. Dijelaskan Rita, bahan utamanya daun singkong yang tua, tapi bukan yang sudah berwarna kuning. Kemudian tepung beras, bawang putih, merica, garam, serta sedikit penyedap rasa.

Prosesnya, daun singkong tersebut direbus sampai lodoh (lunak sekali) untuk kemudian diangkat dan hancurkan lalu dicampurkan dengan tepung beras serta bahan lainnya yang telah dihaluskan sampai menjadi adonan.

Selanjutnya kata Rita, dimasukan ke dalam plastik lalu direbus kembali hingga tepung berasnya matang seperti membuat lontong.

"Setelah itu didinginkan beberapa saat hingga agak mengeras terus dilakukan pemotongan tipis - tipis. Potongan - potongan tipis tersebut sudah bisa langsung digoreng,"ujar Rita.

Selesai digoreng tentunya siap dikemas. Rita mengemasnya dengan plastik berlabel " Dendeng Daun Singkong Rita.

Usaha Rita ini sempat mengalami kesulitan pemasaran di masa awal ia memulai. Menurut Rita, karena orang masih merasa asing dengan dendeng berbahan daun singkong, orang tahunya dendeng itu pasti dari daging.

Istri Idrus ini terus menjalani membuat dendeng daun singkong hingga akhirnya ia mendapat binaan dari Disperindag bersama penggerak PKK Kota Padang maka merambahlah dendeng daun singkong Rita ke swalayan - swalayan. Bahkan produk Rita dapat ditemukan hampir di semua toko makanan oleh - oleh di Kota Padang, sebut saja nama Christine Hakim, Rohana Kudus, Serly, SDS serta 4x7.

Untuk 1 bungkus berat 1 ons dibandrol Rp 10 ribu sedangkan perkilonya mencapai Rp 100 ribu. Dari hasil ini Rita bisa memperoleh laba 100 persen, artinya dengan modal Rp 1 juta Rita bisa memperoleh keuntungan paling tidak Rp 1 juta pula.

Diakui Rita, dari hasil penjualan setiap minggu ia bisa memperoleh keuntungan Rp 1 juta. Sehingga ia dapat membantu perekonomian keluarga.

Ke depannya Rita berencana akan merekrut dua atau tiga orang karyawan agar skala produksinya bisa lebih ditingkatkan.

"Saya optimis produk ini akan dapat berkembang lebih besar lagi bila dilakukan serius dan pemerintah tetap dapat memberikan pembinaan, baik dari bantuan modal maupun secara manajerial,"ujar ibu muda satu anak yang sempat mengenyam pendidikan tinggi ini.

Ada yang berminat untuk mencoba seperti Rita? (der)

Berita Terkait