Terbetik

PKL Hambat Akses ke Pasar Raya Ditertibkan

padangmedia.com , Rabu, 04 September 2013 20:26 wib

PADANG  ­ Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang jalan Pasar Raya Padang kembali ditertibkan petugas, Rabu (4/9). Keberadaan pedagang tersebut dinilai menghambat akses masuk pasar.

Pantauan padangmedia.com di lokasi, penertiban ini  dipimpin Kepala Dinas Pasar, Hendrizal Azhar. Petugas trantib menghalau PKL yang melewati garis putih, sebagai batas yang dibolehkan.

Hendrizal mengatakan, penertiban tersebut agenda rutin yang telah dilakukan sejak 26 Agustus lalu. "Ini agenda rutin. Kita sudah sampaikan sebelumnya, di jalur sepanjang akses masuk sudah diberi garis dan dibolehkan untuk pedagang menggunakan payung bukan mendirikan lapak," kata Hendrizal.

Menyinggung rumor adanya oknum yang memberikan izin kepada PKL, Kadis Pasar berjanji akan menelusuri dan menindak bila oknum tersebut dari jajarannya sendiri. "Kami akan tindak. Jika yang bersangkutan dari jajaran kami dan terbukti memberikan izin maka akan ditindak," tegasnya.

Pembongkaran lapak pedagang siang tadi itu juga diwarnai "ceracau" para pedagang. Mereka tak terima lapaknya dibongkar paksa karena kayu dan tendanya kuatir rusak.

Lita (36), salah seorang pedagang kepada padangmedia.com mengaku kecewa lantaran lapaknya digeser dan dibuka bagian depannya. “Kami kecewa dengan petugas. Kami berjualan ini hanya untuk bertahan hidup bukan untuk cari kaya. Kami tidak berbuat maksiat dan tidak korupsi,” ceracau Lita.

Namun, ocehan Lita tak dihiraukan petugas. Lapaknya tetap dibongkar. (der)

Berita Terkait