Terbetik

Minangkabau Silek Camp 2013

Perguruan Silek Harimau Kubuang XII Sabet 2 Piala

padangmedia.com , Jumat, 23 Agustus 2013 10:21 wib

SOLOK—Perguruan Silek Minang Harimau Kubuang XIII asal Kenagarian Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, berhasil menyabet 2 piala untuk kategori penampilan silek tradisional yang dilaksanakan di Galanggang Aluang Bunian, Kenagarian Talang Babungo pada acara Minangkabau Silek Camp 2013. 

Kedua piala yang berhasil digaet tersebut berasal dari 2 kelas yang dipertandingkan, yaitu pada kelas A dengan kategori umur 23-35 th berhasil mendapatkan juara 1, sedangkan untuk kelas B dengan batas usia 16-22 th memperoleh juara ke 3.

Rizal Intan Sati selaku guru pada perguruan Silek Harimau Kubuang XIII didampingi bagian Humasnya mengatakan, semua yang diperoleh ini merupakan buah dari kerja keras serta semangat dari anggota perguruan untuk membuktikan diri, bahwasanya keberadaan silek minang khususnya di daerah ini masih terjaga dengan baik. Dan hal itulah yang telah dipersembahkan dalam ajang Minang Kabau Silek Camp 2013 tersebut .

“Kita sangat bersyukur, ternyata perguruan silek Harimau Kubuang XIII bisa membuktikan diri untuk menjadi salah satu juara pada pertandingan silek yang melibatkan sedikitnya 7 negara ini. Itu artinya perjuangan serta kerja keras dalam berlatih, serta semangat untuk terus mengembangkan diri membuahkan hasil. Walaupun demikian, kepada semua anggota diharapkan jangan terbuai dengan semua ini, karena perjalanan, harapan serta tujuan dari perguruan ini kedepannya masih jauh," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang murid Perguruan Silek Harimau Kubuang XIII yang berhasil mendapatkan juara 1 di kelas A, Ario Fanta mengatakan, apa yang didapatkan dalam pertandingan ini merupakan sebuah kebahagiaan yang tak bisa dilukiskan. Karena dalam pertandingan itu, peserta bukan saja berasal dari Sumatera Barat, akan tetapi juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia, serta manca negara seperti, Amerika, Belanda, Australia, Inggris, India, Swedia serta Italia.

“Terus terang saya sangat terharu, karena dari sekian banyak peserta yang menampilkan kebolehannya dalam mempermainkan jurus-jurus silat mereka, ternyata Perguruan ini juga bisa memperlihatkan jati dirinya dan menjadi salah satu juara," ungkapnya.

Hal ini, lanjutnya, tidak saja membawa nama baik perguruan. Namun juga membawa nama baik daerah. Dalam kesempatan tersebut, ia mengunkapkan rasa syukur kepada Tuhan dan mengucapkan terimakasih, terutama kepada para guru yang telah membimbing, serta dukungan yang diberikan semua pihak yang ikut andil guna menjadikan perguruan tersebut tetap eksis hingga saat ini. (adi)

Berita Terkait