Terbetik

Komentar

30 KUBE di Pasaman Terima Bantuan Permodalan

padangmedia.com , Kamis, 01 Agustus 2013 07:46 wib

PASAMAN—Sebanyak 30 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menerima bantuan sebesar Rp 600 juta dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI tahun ini.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Pasaman M Fauzi, Kamis

(1/8) mengatakan, masing-masing KUBE akan menerima bantuan permodalan sebesar Rp20 juta. Bantuan yang bersumber dari dana APBN tersebut dialokasikan untuk dua kecamatan terpencil di Pasaman, yakni Mapattunggul dan Mapattunggul Selatan.

"Bantuan KUBE sebesar Rp20 juta per kelompok dengan anggota 10 orang," katanya.

Menurut Fauzi, program KUBE bisa menumbuhkan pelaku usaha kecil sehingga dapat mengatasi kemiskinan.

"Kemensos terus menggulirkan program KUBE karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat  pedesaan," imbuhnya.

Bahkan, ungkap Fauzi, pihaknya menerima laporan langsung dari masyarakat selama menerima KUBE mengalami peningkatan modal usaha yang semula Rp 2 juta bisa mencapai Rp 4 juta. Karena itu, kata dia, program KUBE dinilai bagus untuk meningkatkan usaha kecil di masyarakat.

Masyarakat yang menerima bantuan KUBE itu, umumnya menggeluti ekonomi kreatif, digunakan untuk bantuan permodalan bidang usaha, seperti bidang peternakan, perkebunan, perikanan, pedagang warungan, bahkan perajin makanan olahan.

Ditambahkan, selama ini KUBE dinilai berhasil sehingga Kemensos terus mempertahankan program tersebut. Sebab KUBE dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dengan penguatan modal kepada pelaku usaha kecil.

Selain itu, petugas dari dinas sosial setempat tetap melakukan pengawasan agar bantuan KUBE tidak salah sasaran untuk peningkatan ekonomi.

"Kami minta bagi masyarakat yang menerima bantuan KUBE agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dana KUBE untuk mengembangkan usahanya," ujarnya.

Adapun, kata Fauzi, kriteria yang menerima bantuan dana KUBE, yakni warga miskin yang memiliki keterampilan juga usaha dalam skala kecil.

"Kami benar-benar mengawasi penyaluran dana KUBE dengan melibatkan pengawasan dan pendamping dari unsur pekerja sosial masyarakat, tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaaan," pungkasnya. (wahyu)

Berita Terkait