Terbetik

Komentar

Kenaikan BBM, Sejumlah Kebutuhan Pokok Ikut Naik

Oleh : der , Selasa, 18 Juni 2013 09:23 wib

PADANG - Rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah mulai mempengaruhi harga kebutuhan bahan pokok masyarakat di Kota Padang.

Hasil pantauan padangmedia.com di lapangan, Selasa (18/6) harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, namun ada beberapa bahan kebutuhan pokok lainnya yang mulai dijual di atas harga sebelumnya. Umumnya kenaikan tidak terlalu tinggi.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Adek (35) mengatakan, harga untuk kebutuhan seperti cabe dan bawang masih dengan harga normal, yaitu sekitar Rp32 ribu per kilogram untuk cabe, bawang merah Rp14 ribu per kilogram dan bawang putih Rp26 ribu per kilogram.

"Cabe dan bawang masih dijual dengan harga lama. Hari ini dan kemarin sama saja, belum ada kenaikan," ujar Adek.

Sementara, pedagang kebutuhan pokok yang lain, H. Yusbek, masih di Pasar Raya Padang mengatakan, memang sekarang kenaikan harga bahan masyarakat terlihat pada minyak goreng curah dan tepung kemasan, baik tepung beras maupun terigu.

"Jika pemerintah menaikkan harga BBM, maka kenaikan harga bahan pokok diprediksi ikut bergerak naik. Bisa naik 5 persen dari harga sebelumnya atau mungkin lebih," Yusbek memperkirakan.

Sementara itu, salah seorang pedagang telur ayam, Neli, mengatakan, harga telur ayam mengalami kenaikan dari biasa, dari Rp26 ribu per pak (isi 30 butir) menjadi Rp30 ribu per pak.

"Selain karena isu kenaikan BBM, kenaikan harga telur juga karena terbatasnya stok. Sebab, kebanyakan telur ayam banyak dijual keluar Sumatera Barat," tukasnya. (der)

 

Berita Terkait