Terbetik

Sudah 3 Hari, Lampu PLN di Pasaman Hidup-Mati

padangmedia.com , Kamis, 13 Juni 2013 13:06 wib

PASAMAN - Pemadaman listrik PLN tanpa pemberitahuan selama tiga hari terakhir di Kabupaten Pasaman menimbulkan kekecewaan di kalangan warga para pelanggan di daerah itu.

Seperti dituturkan salah satu warga Lubuksikaping, Ahmad Zubeir, dalam satu hari aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) di daerah itu padam hingga 8 kali dengan rentang waktu yang cukup lama. Parahnya, pemadaman itu sudah berlangsung selama sepekan ini.

"Yang paling parah dalam tiga hari ini lah. Terkadang hidup, lalu mati kemudian hidup dan mati lagi," sebut Ahmad di Lubuksikaping, Kamis (13/6).

Akibatnya, kata dia, warga resah lantaran khawatir alat rumah tangga seperti alat-alat elektronik menjadi rusak.

Seperti yang dituturkan Sar, salah seorang warga Tapus, padam dan hidupnya aliran listrik dari PLN Rayon Lubuksikaping yang berulang-ulang dalam satu hari secara tidak langsung dapat merusak alat elektronik.

"Saat adanya pemadaman secara mendadak, kita sedang menonton acara televisi. Ini baru elektronik berupa tv saja, belum lagi dengan elektronik lainnya seperti kulkas, Cosmos sangat sensitif terhadap hal seperti itu," tukasnya.

Kalau pemadamannya hanya satu atau dua kali, belum begitu terlihat dampaknya. Tetapi, dampak kerusakan elektronik itu pasti ada karena pemadaman listrik ini bukan hanya satu dua kali dalam satu harinya, namun berulang kali, katanya.

Menurut Sar, seharusnya pihak PLN Rayon Lubuksikaping mengadakan pemberitahuan terlebih dulu jika ingin melakukan pemadaman, baik melalui media cetak (koran) atau radio yang ada di daerah itu. Sehingga, masyarakat tidak resah saat adanya pemadaman listrik secara tiba-tiba.

"Pengumuman akan adanya pemadaman listrik itu sangat penting. Masyarakat tidak berpikir yang negatif terhadap pihak PLN," pintanya.

Sementara,  Pimpinan Rayon PLN Lubuksikaping, Ferninandes mengatakan, pemadaman terjadi karena adanya kerusakan di Gardu Induk (GI) Jirex dan Gardu Induk Simpangampek yang menghubungkan ke Pasaman.

Dikatakan, pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat, khususnya pelanggan PLN setempat.

"Kita minta masyarakat untuk bersabar, sehubungan adanya pemadaman listrik selama beberapa hari ini. Petugas kita sudah berada di lapangan untuk melakukan perbaikan," tukasnya. (wahyu)

Berita Terkait