Terbetik

Komentar

IPAL Komunal Bisa Ciptakan Lingkungan Lebih Sehat

padangmedia.com , Kamis, 13 Juni 2013 09:42 wib

SAWAHLUNTO – Keberadaan fasilitas Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) komunal di kawasan Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar perlu perhatian serius. Karena, saat ini sebagian besar masyarakat di sana masih membuang limbah ke saluran air yang ada.

Hal itu diungkapkan Setdako Sawahlunto, Zohirin Sayuti pada diskusi dan pembahasan review dan DED TPA Kayu Gadang di ruang rapat Balaikota, Rabu (12/6).

Menurut Zohirin, keberadaan IPAL komunal akan membuat kawasan perumahan menjadi lebih sehat. Setiap limbah cair dari masing-masing rumah, akan tersalurkan langsung ke sebuah bak penampungan bawah tanah yang memiliki ketinggian hingga sekitar tujuh meter.

Pembangunan IPAL komunal akan didukung oleh United States Agency for International Development USAID, yang sekaligus mendukung realisasi program Open Defications Free (ODF).

"Dengan adanya IPAL komunal diharapkan bisa lebih menciptakan lingkungan yang sehat," katanya pada rapat yang dihadiri Subdin Direktur Jendral Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP), Nanda Sirait didampingi Kasatker PPLP Sumbar, Muswirman.

Sementara, di desa dan kelurahan lain di Sawahlunto, katanya sudah lebih dahulu menerapkan IPAL. Begitu juga jamban sehat dalam menunjang dan pencapaian ODF. (tumpak)

Berita Terkait