Terbetik

Harga Jengkol dan Petai di Pasar Raya Padang Ikut Meroket

Oleh : musfah , Kamis, 06 Juni 2013 15:21 wib

Jengkol dan petai. (foto: republika.co.id)

PADANG - Harga jengkol dan petai di Pasar Raya Padang, Sumbar meroket, bahkan melebihi harga ayam potong.

Harga ayam potong di pasaran dijual Rp20 ribu sampai Rp30 ribu per ekor. Sementara, harga jengkol sudah mencapai Rp80 sampai Rp100 ribu per kilogram. Sedangkan harga petai dijual Rp100 sampai Rp120 ribu.

Salah seorang pedagang jengkol di Pasar Raya Padang, Reni, kepada padangmedia.com, Kamis (6/6) mengatakan, harga jengkol mulai mengalami kenaikan sejak satu bulan terakhir. Jika biasanya per karung untuk jengkol dengan kualitas baik dijual seharga Rp400 ribu, saat ini sudah mencapai Rp1,2 juta. 

Dengan kondisi demikian, herga jengkol per buah terpaksa dijual seharga Rp1000 atau naik dari harga sebelumnya yang hanya Rp300 hingga Rp500.

Sejak harganya mengalami kenaikan, daya beli masyarakat jauh menurun. Stok jengkol di Kota Padang didatangkan dari Kota Pariaman dan Pesisir Selatan.

Harga jengkol yang mengalami kenaikan fantastis, berpengaruh terhadap penjualan kerupuk jengkol mentah. Salah seorang pedagang kerupuk di Pasar Raya Padang, May mengatakan, sejak harga jengkol naik, harga kerupuk jengkol pun ikut naik. Jika biasanya dijual Rp60 ribu sekilo, kini harganya naik menjadi Rp100 ribu per kilogram.

"Dengan kondisi ini, banyak pedagang kerupuk yang sudah tidak menjual kerupuk jengkol lagi," ujarnya.

Sementara itu, seorang penjual Petai, Amel mengatakan, saat ini ia menjual petainya seharga Rp60 ribu per kilogram yang masih berkulit. Sedangkan untuk petai yang sudah tak berkulit, dijual seharga Rp120 ribu.

Menurut kedua pedagang itu, kenaikan harga jengkol dan petai tersebut disebabkan karena kurangnya pasokan ke Padang.

Selain tingginya permintaan dari luar Sumbar, juga sudah jarang ditanam warga, karena telah beralih menanam batang sawit. (musfah)

 

Berita Terkait