Terbetik

Banyak SD di Rao Utara Kekurangan Ruang Kelas

padangmedia.com , Selasa, 21 Mei 2013 16:19 wib

PASAMAN - Ketidaktersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan layak masih banyak terdapat di sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Di SD Negeri 07 Padangmentinggi, Sei Ranyah, misalnya. Di sekolah yang terletak di jalan lintas Rao - Gunung Manahan KM 2 dari ibukota Kecamatan Rao itu, masih ditemukan bangunan lama yang kondisinya sudah rapuh dan tidak tersentuh program pembangunan.

Kondisi fisik tiga unit bangunan sekolah yang sudah tua dan reot itu sudah tidak layak untuk dijadikan sebagai Ruang Kelas Belajar (RKB) bagi ratusan murid yang menimba ilmu pendidikan di sekolah itu.

Padahal, banyak dana dari Pemerintah Pusat untuk peningkatan mutu pendidikan di daerah bumi Khatulistiwa tersebut.

Kepala SDN 07 Padangmentinggi, Yusniar SPd mengatakan, masih ada tiga unit ruang kelas belajar bagi 142 murid di sekolah itu yang butuh perbaikan segera.

“Masih ada tiga kelas lagi yang butuh sentuhan pembangunan agar sekolah ini bisa lebih baik, indah dan bergairah serta tidak tekesan tertinggal, hanya karena tiga RKB tadi bangunan lama,” sebut Yusniar ketika dikunjungi disekolahnya, Selasa (21/5).

Meskipun tiga di antara gedung sekolah tersebut merupakan bangunan baru. Namun, Yusniar menjelaskan, masih ada tiga sisa bangunan lama yang berdiri sejak tahun 80-an dengan kondisi amat memprihatinkan.

“Harapan kita cepat terealisasi, semoga terkabul. Walaupun tim supervisi dari Dinas Pendidikan sudah tiba melihat kondisi ketiga bangunan yang atapnya pada bocor, plafon bolong serta kuzen yang sudah rapuh dimakan rayap,” terangnya.

Tidak hanya di sekolah itu, kekurangan dan kerusakan ruang kelas belajar juga dijumpai di beberapa sekolah dasar lainnya yang ada di Kecamatan Rao Utara, 6 KM arah timur dari SDN 07 Padangmentinggi ini. (wahyu)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait