Terbetik

Pemuda Pancasila Dukung Mahasiswa dalam Gerakan Anti Narkoba

padangmedia.com , Selasa, 14 Mei 2013 13:59 wib

PADANG - Majelis Pengurus Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Barat komit mendukung kegiatan Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) dalam mensosialisasi gerakan anti narkotika dan bahan aditif (Narkoba). PP juga berkomitmen untuk gerakan anti narkoba dan mendorong upaya berbagai pihak dalam penanggulangan peredaran narkoba.

Ketua MPW PP Sumbar, H. Leonardy Harmainy, Selasa (14/5) usai penandatanganan nota kesepakatan bersama dalam rangka pencegahan dan pemberdayaan masyarakat terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika bersama Rektor Unand, Weri Darta Taifur, Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Nur Ali dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat di Padang. 

"Kita mendukung dan mendorong mahasiswa dalam mensosialisasikan gerakan anti narkoba dalam Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Anggota PP di seluruh kabupaten dan kota kita koordinasikan untuk membackup kegiatan ini," kata Leonardi.

Menurut Leonardy, di internal organisasi PP sendiri, gerakan anti narkoba sudah dilaksanakan secara resmi di dua MPC. Ia sudah mengkoordinasikan agar gerakan serupa dilakukan oleh seluruh kabupaten dan kota. 

"Jadi, di samping mendukung kegiatan mahasiswa, kepolisian dan elemen masyarakat lainnya dalam pemberantasan narkoba, di internal organisasi sendiri gerakan ini juga akan dilakukan di seluruh MPC yang ada," jelasnya. 

Sementara, dalam kesempatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut, Rektor Unand, Weri Darta Taifur menyatakan, sedikitnya 3.600 mahasiswa di KKN-kan setiap tahun. Dalam KKN tersebut, diikuti juga dengan misi sosialisasi gerakan anti narkoba. 

"Tahun ini, gerakan mahasiswa yang sedang KKN ini akan lebih dimantapkan dalam penyampaian materi sosialiasasi dengan pemanfaatan media audio visual dan berbagai sarana lainnya yang dirasakan lebih efektif dan menarik," ujarnya. 

Weri menyatakan, Unand merupakan satu dari tiga universitas di Indonesia yang dalam kegiatan KKN nya menyertakan materi aksi pencegahan penggunaan Narkoba. Dua universitas lainnya adalah Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Hasanuddin Ujung Pandang.

Kapolda Sumbar Brigjen Pol. Nur Ali menambahkan, kegiatan mahasiswa Unand dalam aksi gerakan sosialisasi anti narkoba sangat membantu kepolisian. Untuk itu, kepolisian juga akan bekerjasama dalam kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa nantinya. (feb)