Disdik Pasaman Optimis UN SD Lulus 100 Persent

padangmedia.com , Kamis, 09 Mei 2013 08:30 wib

PASAMAN -  Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun 2013 berakhir sudah. Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, pun merasa optimistis seluruh peserta di daerah itu bisa lulus 100 persen.

Keyakinan tersebut didasari persiapan peserta UN yang cukup matang serta pendistribusian soal yang lancar. Hal itu membuat para guru, orang tua, serta peserta didik lebih siap.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman, Khairil Anwar, mengatakan, persiapan tahun ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Oleh karena itu, pihaknya yakin UN tingkat SD tahun ini sukses. Diharapkan menjadi semangat tersendiri bagi peserta ujian.

“Melihat persiapan yang lebih baik dan matang dari UN sebelumnya, kita yakin dan optimis peserta UN tingkat SD di Pasaman lulus 100 persen,” ucap Khairil di Lubuksikaping, Kamis (9/5).

Dijelaskan, jumlah peserta UN tingkat SD di Kabupaten Pasaman sebanyak 5.902 orang. Terdiri dari 5.718 siswa SD dan 184 siswa Madrasah Ibtidaiyah.

“Peserta UN yang berjumlah 5.902 orang tersebar di 337 SD dan 8 MI di Kabupaten Pasaman,” sebutnya.

Khairil mengaku memprioritaskan pendistribusian soal pada zona remote area untuk menghindari keterlambatan pelaksanaan UN tersebut.

Sementara, untuk tiap-tiap soal sama tiada perbedaan. Tidak sama dengan soal UN tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

“Dengan soal yang sama, maka akan memudahkan para siswa dalam menjawab soal-soal yang diujikan pada setiap bidang studi yang di-UN-kan itu,” imbuhnya. (wahyu)

Berita Terkait