Terbetik

Komentar

PNS Dituntut Profesional Beri Pelayanan Masyarakat

padangmedia.com , Kamis, 18 April 2013 07:38 wib

PADANG - Pramu pimpinan memiliki peranan penting dalam pelayanan dinas dan harus menguasai dengan baik amanat dari Peraturan Gubernur nomor 49 tahun 2009 tentang prosedur pelayanan tamu.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Ali Asmar mengatakan, etika dan mekanisme pelayanan tamu harus dilaksanakan sesuai tata krama yang ditentukan agar pelayanan prima dapat terlaksana dengan baik.

Ketidakpuasan beberapa orang dari daerah yang telah memasukkan surat ke Pemprov akibat lalai dan kurang telitinya pegawai. Karena itu, masalah tersebut telah menjadi perhatian pimpinan.

"Hal ini disebabkan karena pelayanan pramu pimpinan belum prima. Sehingga, masyarakat merasa dilecehkan atau tidak dilayani dengan baik. Padahal, mereka datang jauh-jauh untuk mengetahui surat yang telah dikirimkannya," kata Ali Asmar dalam pembukaan Bintek Penatausahaan Pramu Pimpinan di lingkungan Pemprov Sumbar di Padang, Rabu (17/4).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Umum Asben Hendry, beberapa pejabat eselon IV dan III di lingkungan Biro Umum serta utusan Pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Barat.

Lebih lanjut Ali Asmar mengatakan, terkadang ada surat yang dikirimkan oleh Bupati/Walikota untuk gubernur dalam rangka menghadiri sebuah pertemuan penting atau kegiatan kedinasan lainnya. Namun, terkendala dengan surat yang tidak sampai pada alamatnya.

"Pengalaman kurang menyenangkan yang menyebabkan citra birokrasi tercoreng karena ulah segelitir orang pramu pimpinan. Padahal, pramu pimpinan bertugas melayani pimpinan dan masyarakat terlayani," ujar Ali Asmar.

Atas dasar itulah diberikan Bimtek tentang pelayanan pimpinan yang profesional dan sesuai dengan tujuan reformasi birokrasi. Yaitu, good govermance, sehingga layanan prima yang dicanangkan dapat terwujud dan bukan sekedar wacana.

Selain itu, adanya pengenalan dan pemahaman yang tepat serta monitoring evaluasi terhadap tugas pramu pimpinan diharapkan mampu menciptakan pelayanan prima yang merupakan bahagian dari good governance yang merupakan tujuan akhir dari reformasi birokrasi.

Ditekankan Ali Asmar, reformasi birokrasi menuntut Pegawai Negeri Sipil profesional dalam melaksanakan tugasnya melayani masyarakat. Sudah saatnya pemerintah memberikan pelayanan prima di lingkungan masyarakat yang diayominya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum, Asben Hendri mengatakan, kegiatan Bintek ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan tugas pramu pimpinan.

Pelaksaan Bintek dilakukan selama dua hari, mulai Rabu tanggal 17 April dan 18 April 2013 di Padang. Dihadiri peserta yang berasal dari provinsi Sumbar dan 19 kabupaten/kota berjumlah 60 orang.

Pramu pimpinan Bupati/Walikota masing-masing satu orang, pramu pimpinan wakil Bupati/Walikota masing-masing satu orang dan pramu pimpinan Sekda Kabupaten/Kota masing-masing satu orang serta utusan dari Provinsi sebanyak tiga orang.

Nara sumber kegiatan itu dari Kementerian Dalam Negeri RI, Sekda Provinsi Sumatera Barat, Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sumatera Barat. (musfah)