Terbetik

Panwas Sawahlunto Temukan 291 Pemilih tak Miliki NIK

padangmedia.com , Kamis, 21 Maret 2013 13:21 wib

Ketua KPUD Sawahlunto, Mardhatillah.

SAWAHLUNTO – Panitia Pengawas (Panwas) Pemilukada Sawahlunto menemui sebanyak 291 pemilih di kota itu tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Menurut Ketua Panwaslu Sawahlunto, Dwi Murini, itu berarti warga tersebut tidak memiliki Kartu Keluarga maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) sehingga tidak terdata di kependudukan,” katanya pada rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Gedung Pusat Kebudayaan, Kamis (21/3).

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD setempat, Mardhatillah menuturkan, terkait warga yang belum terdaftar itu disebabkan karena tidak memiliki indentitas diri walaupun telah menjadi warga Sawahlunto .

Untuk masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan, katanya, tentu syaratnya harus menyertakan surat keterangan kependudukan sebagai bentuk penegasan status kewargaannya di kota ini, jelas saat memimpin pleno.

Bagi warga yang belum memiliki NIK tersebut, lanjutnya, KPU segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil (Disdukcapil) Sawahlunto. Diharapkan warga dimaksud dapat memperoleh NIK dan bisa masuk dalam daftar pemilih. (tumpak)

Berita Terkait