Terbetik

Komentar

Pasaman Siapkan Program Pemanfaatan Lahan Tidur

padangmedia.com , Senin, 18 Maret 2013 14:54 wib

PASAMAN - Untuk mengurangi angka pengangguran di kalangan warganya, Pemerintah Kabupaten Pasaman, melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) setempat, menyiapkan program pemanfaatan lahan tidur.

Program tersebut diproyeksi mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Sebanyak 80 orang akan dilatih dan dibekali dengan berbagai ilmu dan praktek selama 40 hari. Dinsosnaker Pasaman membuka kesempatan untuk mendaftar bagi masyarakat dengan mengajukan proposal maupun secara personal ke kantor tersebut. 

"Peserta terlatih nantinya diberi modal serta pendampingan agar mampu memiliki lapangan usaha sendiri," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Pasaman, M. Fauzi, Senin (18/3).

Bagi masyarakat yang ingin melaksanakan kegiatan tersebut, kata Fauzi kepada padangmedia.com, dapat dilakukan secara kelompok. Pihaknya nanti akan turun langsung ke nagari guna melakukan survei dan verifikasi akurasi data kelompok.

“Tiap kelompok pemohon itu  nantinya akan diverifikasi. Mereka akan diberikan pendampingan melalui tenaga profesional yang telah ditunjuk,” ujarnya.

Hingga saat ini, sudah ada kelompok yang mengajukan proposal dan sedang diverifikasi untuk direalisasikan. 

Dalam kegiatan itu, tambahnya, masyarakat berkesempatan untuk dimodali dalam pemberdayaan lahan tidur untuk dijadikan lahan produktif dengan menanam tanaman sesuai keinginan masyarakat. 

Nanti, kelompok yang berkesempatan itu akan memberikan laporan rutin mengenai perkembangan usaha yang tengah ditekuni agar bisa diketahui oleh pemerintah. (wahyu)