BPPIP Padang Pariaman Telan Biaya Rp1 Triliun

padangmedia.com , Kamis, 14 Maret 2013 18:35 wib

PADANG - Pembangunan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BPPIP) di Padang Pariaman akan menelan biaya sebesar hampir Rp1 triliun. Saat ini, pengerasan lahan sudah dilakukan pada lahan seluas 35 hektar di kawasan Tiram, Kabupaten Padang Pariaman. Pembebasan lahan didanai oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebesar Rp11,7 miliar pada APBD Sumbar tahun 2012.

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukni, menjelaskan, BPPIP nantinya akan dibangun dengan dana APBN. Dirancang anggarannya sekitar Rp800 miliar. 

"Seluruhnya dana APBN sekitar Rp800 miliar," kata Ali Mukhni, Kamis (14/3) saat menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, H. Leonardy Harmainy yang mengunjungi lokasi pembangunan Balai Diklat tersebut. 

Ali Mukhni menyatakan, BPPIP nantinya dimaksudkan untuk mendidik calon-calon pelaut yang berkualitas dengan standar Pelaut Internasional. Penerimaan calon siswa sudah dilakukan pada tahun 2014 mendatang. Sementara, pembangunan gedung direncanakan dimulai tahun ini. 

Selain BPPIP, tak jauh dari lokasi juga akan dibangun Pelabuhan Tiram dengan lahan seluas 15 hektar yang juga didanai oleh APBN. 

Wakil Ketua DPRD Sumbar, H. leonardy Harmainy terkait pendirian BPPIP menegaskan, pembangunan sekolah tersebut sangat bagus. Bukan saja untuk menciptakan SDM kelautan berkualitas, tetapi juga akan berdampak besar terhadap pembangunan kawasan dan peningkatan perekonomian masyarakat. 

"Peningkatan pembangunan wilayah itu sudah pasti. Namun, dampak yang juga akan dinikmati masyarakat adalah dari faktor ekonomi dimana akan banyak kebutuhan bagi siswa yang bisa disediakan seperti kebutuhan sehari-hari termasuk juga kos-kosan," kata Leo. (feb)

Berita Terkait