Terbetik

Komentar

Hari Peduli Sampah Nasional

Kota Padang Produksi Sampah Paling Banyak

padangmedia.com , Kamis, 21 Februari 2013 14:12 wib

PADANG - Kota Padang sebagai kota yang berpenduduk terbanyak di Sumatera Barat pastinya juga memproduksi sampah paling banyak. Saat ini sampah di Padang setiap harinya mencapai 600 ton.

Dari sebanyak itu, yang bisa terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hanya 50 persen saja. Untuk itu, perlu langkah - langkah untuk menanggulangi sampah ini agar sampah tak menjadi permasalahan.

Pada Hari Peduli Sampah Nasional tingkat provinsi Sumatera barat yang dilaksanakan di Padang, Kamis (21/2), Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, kepedulian terhadap penanggulangan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Menurutnya, masing - masing warga secara pribadi harus bisa memilah sampah yang dapat dimanfaatkan.

"Masing - masing warga secara pribadi harus peduli terhadap penanggulangan sampah, sehingga sampah pada akhirnya tidak menjadi masalah di Kota Padang dan daerah lainnya di Sumatera Barat," ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu, dalam kegiatan yang bertempat di Perumahan Unand Kelurahan Ulu Gadut Kecamatan Pauh ini, Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, di Kota Padang telah ada sebanyak 26 unit BanK Sampah. Ini sebagai upaya untuk pengurangan sampah, dengan memilah sampah yang bisa diolah.

"Pemerintah Kota Padang akan tetap mengupayakan penambahan bank sampah serta memaksimalkan pemanfaatannya oleh warga," katanya.

Dijelaskan, satu unit Tempat Pengolahan Sampah (TPS) berprinsip Reduce, Reause, Recycle ( 3R) dan berbasis Masyarakat di Ulu Gadut ini diresmikan penggunaannya oleh Gubernur. TPS ini merupakan pertama dan satu - satunya di Kota Padang.

"Diharapkan TPS ini dapat maksimal dimanfaatkan dalam pengolahan sampah untuk dijadikan pupuk organik," imbuhnya.

Terkait kendala penanggulangan sampah yang tak dapat maksimal terangkut, Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Zabendri menyebutkan, masih kurangnya armada pengangkut.

"Untuk idealnya kita memiliki 2 sampai tiga kontainer dengan 2 unit truk pada 104 kelurahan di Kota Padang. Saat ini kita mempunyai 53 unit truk yang juga sudah pantas diperbarui, serta 86 unit kontainer," jelasnya.

Ia menambahkan, ke depannya akan mengupayakan penambahan armada pengangkut sampah agar bisa maksimal mengangkut sampah yang ada.

"Kita akan berupaya menambah armada, pada 2014 nanti," tutupnya.(der)

Berita Terkait