Terbetik

Komentar

Mahyeldi: Tolak Ukur Akhlak adalah Keteladanan Rasulullah

padangmedia.com , Jumat, 15 Februari 2013 21:05 wib

PADANG - Poin penting dalam mengevaluasi diri adalah memahami dan menilai serta menata akhlak dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.  Tolak ukurnya adalah keteladanan Rasulullah Muhammad SAW,

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dalam saat acara peringatan Milad Rasul di Masjid Nurul Ilmi Kampus Unand Limau Manis, Jumat (15/2). Acara ini dihadiri mahasiswa Fakultas Keperawatan dan para dosen fakultas tersebut.

Mahyeldi mengatakan, mengenang kembali kelahiran Rasulullah untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap kaidah-kaidah agama Islam. Sekaligus mempelajari keteladannya sebagai seorang rasul yang diutus Allah SWT untuk perbaikan akhlak manusia.

"Selain itu momen ini dapat dijadikan sebagai ajang mengevaluasi diri," ujarnya.
    
Ditambahkan, bagi mahasiswa, akhlak yang baik adalah harus mengikuti seluruh aturan yang ada di lingkungan kampus, apa yang dilarang dan apa yang diperbolehkan. Memahami pula antara hak dan kewajiban sebagai seorang mahasiswa, serta bisa menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa harus bisa menjauhkan diri dari pergaulan bebas, narkoba, tawuran, serta perbuatan dan tingkah laku yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan budaya,"imbuhnya.

Pengaruh buruk yang datang dari luar dapat dibentengi dengan akhlak yang dimilki.

"Sebagai kaum intelektual, mahasiswa harus mampu menyaring pengaruh buruk ,” pungkasnya.(der)

Berita Terkait