Diknas Agam Himbau Kepsek Lebih Tingkatkan Pembinaan Siswa

padangmedia.com , Jumat, 15 Februari 2013 18:41 wib

AGAM- Banyaknya siswa yang diamankan Satuan Polisi Pamong Praja karena bolos disaat Proses Belajar Mengajar (PBM), Dinas Pendidikan Kabupaten Agam langsung bereaksi dengan menghimbau kepala sekolah dan jajaran supaya meningkatkan pembinaan terhadap siswa.

Fauzir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam, saat ditemuai di Lubuk Basung Jum'at (15/2), menyampaikan bahwa  himbauan terhadap kepala sekolah sudah disampaikan beberapa bulan lalu.

"Kita sudah menghimbau pihak sekolah , supaya selalu meningkatkan pembinaan terhadap siswa. Sampai saat ini himbauan sudah dilaksanakan pihak sekolah sesuai dengan prosedur, pembinaan terhadap siswa sudah dilakukan, dan juga meningkatkan disiplin sekolah," ujarnya.

Akan tetapi, tambahnya, siswa yang yang sering diamankan Pol PP adalah siswa yang dari rumah sudah pergi kesekolah akan tetapi tidak sampai dipekarangan sekolah. Mereka hanya sampai diwarung dan kedai dekat sekolah, sehingga susah untuk memantaunya.

"Dari rumah orang tuanya sudah yakin anaknya pergi ke sekolah, akan tetapi separoh jalan niat siswa sudah berubah yakni sampai ditempat berkumpul" ujarnya.

Selain itu, dalam meningkatkan pembinaan dan disiplin, anak yang bolos itu sudah dipanggil orang tuanya. , akan tetapi masih ada juga siswa yang bolos, sebenarnya penyakit sering bolos sekolah sudah ada semenjak dahulu, hanya saja yang perlu dilakukan mengurangi penyakit tersebut dengan membina siswa yang bersangkutan.

Fauzir menambahkan, pengontrolan dan pembinaan terhadap siswa tidak saja berada pada pihak sekolah, akan tetapi diminta sama orang tua juga ikut mengontrol anaknya sampai di sekolah, semua pihak harus dilibatkan.

Juga pemuka masyarakat serta orang-orang yang ada disekeliling lingkungan sekolah juga harus memberikan kontribusi terhadap pendidikan, kalau ada siswa yang bolo9s ikut serta dalam mengingatkan seiswa yang bersangkutan.(wan)

Berita Terkait