Perpaduan Tradisional dan Modern

Pasar Simpang Haru Bakal Disulap Jadi DCC

padangmedia.com , Kamis, 31 Januari 2013 14:40 wib

PADANG - Pembangunan Pasar Simpang Haru yang berkonsep perpaduan tradisional-modern bakal terwujud. Walikota Padang, H.Fauzi Bahar meletakkan batu pertama dan menandatangani prasasti menandai dimulainya pembangunan pasar tersebut.

Pasar yang diklaim sebagai "one stop shopping center" dimana ayah, ibu dan anak berbelanja dalam satu kenyamanan itu ibangun oleh PT Adhiwira Ikaputra dengan biaya Rp150 miliar.

Pasar Simpang Haru atau dinamakan Domestic Commercial Center (DCC) juga akan dilengkapi dengan game center, elektronik solution, fashion serta akan hadir juga di sana Bioskop 21 (twenty one).

Walikota dalam sambutannya menyampaikan kehadiran DCC akan berdampak meningkatnya kesejahteraan pedagang dan warga sekitar Simpang Haru Kecamatan Padang Timur.

Selain itu, menurutnya, Pasar Simpang Haru yang tadinya terlihat tidak teratur karena lokasinya yang telah sangat mepet ke jalan, nantinya akan muncul pasar tradisional digandeng dengan pasar modern yang tertib dan asri.

"Pedagang yang memiliki kedai di kawasan ini akan ditampung di kawasan ini. Bagi mereka yang telah memiliki kartu kuning akan diberikan kemudahan untuk memiliki kios tanpa uang muka," ujarnya.

DCC Simpang Haru dinilai terletak pada posisi yang strategis karena dekat dengan stasiun kereta api. Prospek ke depannya akan sangat bagus karena seiring dengan rencana  pemerintah provinsi yang akan membangun stasiun dan mengoperasikan rail bus tahun ini.

Fauzi Bahar juga menganjurkan pedagang untuk membentuk koperasi pasar dengan manajemen yang lebih baik sehingga keberadaan koperasi ini dapat meringankan beban seluruh anggotanya.

"Selain pembentuk koperasi oleh pedagang sebagai wadah bagi mereka untuk mengatasi kesulitan modal, Pemko Padang juga akan mencoba mendorong Perbankan untuk mengucurkan KUR kepada pedagang," imbuhnya.

Sementara itu, pimpinan PT  Adhiwara Ikaputra Dasrul Lamsudin mengatakan, akan selalu memberikan perhatian terhadap pedagang dan penduduk sekitar. 

"Kehadiran DCC Simpang Haru ini nantinya diharapkan benar - benar merupakan suatu kebanggaan masyakat Kota Padang," tandasnya.(der)

Berita Terkait