Terbetik

Komentar

Impor Dibatasi, Harga Daging Sapi Naik

Oleh : guntur , Selasa, 22 Januari 2013 12:58 wib

PADANG - Harga daging sapi di Pasar Raya Padang dalam dua belakangan terus melonjak. Saat ini, harga daging sapi menembus Rp85.000 hingga Rp90.000 per kilogram. Naik sekitar Rp10.000 dari harga sebelumnya Rp75.000 hingga Rp 80.000 per kilogram.

Rusdi (42), pedagang daging di Pasar Raya Padang  mengaku, akibat kenaikan harga itu, terjadi penurunan pembeli karenya harganya yang terus naik. Banyak pembeli yang keberatan karena harganya terlalu mahal.

“Meningkatnya harga daging sapi berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Kondisi ini tentu akan merugikan pedagang sapi potong. Penyebab kenapa harga daging sapi mengalami kenaikan adalah karena stok sapi yang kurang dan sapi impor masuk yang jumlahnya dibatasi hanya 50 persen yang boleh masuk sehingga jumlah sapi terbatas dan menyebabkan langka,” kata Rusdi kepada padangmedia.com, Selasa (21/1).

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Edwardi, mengatakan sapi impor selama ini pasokannya memang lebih besar dibandingkan sapi lokal. Harganya pun lebih murah.

Untuk mewaspadai ketergantungan pada sapi impor dan meningkatkan kesejahteraan peternak, katanya, perlu dilakukan pengurangan jumlah sapi impor yang masuk. Agar para peternak lokal dapat bersaing.

"Saat ini, sapi potong dari Sumbar juga sudah mengisi kebututuhan Riau. Karenanya, peternak memiliki nilai tawar dan tidak dipermainkan olek tengkulak yang hanya berusaha mencari keuntungan tanpa memperhatikan nasip peternak," katanya. (gun)

 

Berita Terkait