HUT Satpam ke 32

Jadi Mitra Polisi, Satpam Dituntut Profesional

Oleh : tumpak , Rabu, 09 Januari 2013 10:05 wib

HUT Satpam ke 32 di Sawahlunto. (foto: tumpak)

SAWAHLUNTO - Satuan Pengamanan (Satpam) yang merupakan pelaku Industrial Security adalah salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang membantu Polri. Satpam merupakan mitra dan perpanjangan tangan Polri dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepolisian.

"Karena itu, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan tugas dan pengabdian selama ini," kata Kapolres Sawahlunto, AKBP M Syafrial membacakan amanat Kapolri dalam rangka HUT Satpam ke 32 di Lapangan Mapolres kota ini, Rabu (9/1). 

Meski demikian, katanya, Satpam tetap perlu intropeksi dan retrospeksi diri terkait dengan berbagai aspek pelaksanaan tugas serta dinamika dan eksistensi sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Karena itu, tuntutan akan profesionalitas Satpam saat ini dirasakan begitu penting dan mutlak dibutuhkan," sebut Kapolres pada upacara yang juga dihadiri Wakil Walikota Sawahlunto, Erizal Ridwan, Ketua DPRD Ali Yusuf dan pimpinan perusahaan yang ada di kota itu.

Hal tersebut dikarenakan Industrial Security tidak hanya menghasilkan jasa perlindungan fisik instalasi atau kegiatan dalam menekan kerugian sebagai akibat dari gangguan keamanan, tapi juga sebagai penjamin risiko ancaman yang berlangsung dari suatu proses bisnis.

"Semoga tugas yang diberikan kepada kalian dapat terus dipegang teguh dengan penuh tekad dan keikhlasan. Sehingga, Satuan Pengamanan di seluruh tanah air dapat tetap menunjukkan peran serta dan eksistensinya dalam menghadapi tantangan tugas ke depan yang semakin berat,” harap Kapolres. (tumpak)

Berita Terkait