Bupati Solok

Musrenbang Harus Kedepankan Kebutuhan Masyarakat

padangmedia.com , Rabu, 19 Desember 2012 16:03 wib

SOLOK - Pemerintahan Nagari dan Kecamatan diminta untuk dapat melaksanakan proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Nagari dan kecamatan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan melalui kalender Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Tahun 2012 dan 2013.

Hal itu dikatakan Bupati Solok, Syamsu rahim pada acara Musrenbang Kecamatan se Kabupaten Solok di aula Dinas Sosnakertrans, Lubuk Selasih, Rabu (19/12).

Dijelaskan Bupati Solok, Pemerintah Nagari dan Kecamatan dalam melaksanakan proses Musrenbang tersebut harus mempedomani Juknis Pelaksanaan Musrenbang dan juga melibatkan semua pihak-pihak yang berkepentingan dalam perencanaan Musrenbang.

Syamsu Rahim juga menghimbau para peserta agar dalam pelaksanaan proses Musrenbang semua pihak mengedepankan azaz demokrasi dan merencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bukan untuk kepentingan seseorang atau sekelompok orang.

Sementara itu, Joko Purnomo selaku Panitia pelakasana dalam laporannya mengatakan, kegiatan itu sedianya akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal dengan 19 sampai 20 November 2012 dengan tujuan untuk memberikan pembekalan kepada fasilitator Musrenbang di tingkat Nagari/Kecamatan. Diharapkan nantinya akan dapat mewujudkan persepsi dan pemahaman yang sama dalam proses pelaksanaan Musrenbang tersebut.

Sedangkan materi adalah Petunjuk Teknis Pelaksanaan Musrenbang.  menurut Joko Pramono. Terdiri dari Pengintegrasian Program Pembangunan Daerah dengan Program PNPM Mandiri, Identifikasi Masalah dan Kebutuhan Pembangunan Nagari, Perumusan Variabel dan Indikator Capaian Pembangunan Nagari, Pagu Indikatif dan Sumber Pembiayaan dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Nagari. (adi)