Terbetik

Pelaporan Kegiatan Pembangunan

2013, Pemprov Sumbar Gunakan Simbangda

Oleh : musfah , Jumat, 14 Desember 2012 10:37 wib

PADANG - Tahun 2013, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan memakai Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Daerah (Simbangda) agar laporan kegiatan lebih cepat dan dapat terpantau dengan baik.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rantau, Muhammad Yani mengatakan, Simbangda dinilai lebih efektif dalam rangka percepatan laporan kegiatan masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik menggunakan Anggaran APBN maupun APBD.

"Sistem itu akan diterapkan melalui pelaporan secara elektronik. Selain memantau laporan kegiatan dengan baik dan lebih cepat diterima, juga untuk mengetahui sejauh mana proses serapan kegiatan dan apa kendala yang ditemui di lapangan," kata Muhammad Yani, Jumat, (14/12).

Apabila sistem itu diberlakukan, setiap SKPD dituntut agar lebih cepat mengirim laporan kegiatan tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan. Tidak seperti laporan yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Setiap tanggal 10 tiap bulan, masing-masing SKPD sudah menyampaikan, sehingga bisa segera dievaluasi," kata M Yani.

Melalui sistem itu, setiap laporan yang dikirim langsung terhubung ke meja gubernur dan Wagub serta sekdaprov. Dengan demikian, akan terlihat bagaimana capaian kinerja masing-masing SKPD.

Simbangda baru disosialisasikan dan Sosialisasi Simbangda itu dilaksanakan dalam rangka penyamaan persepsi dan pemahaman serta peningkatan dalam hal sistem pengawasan pengawasan dan monitoring kegiatan.

Dengan sistem itu, diharapkan dapat mewujudkan sinkronisasi antara pemerintah daerah provinsi serta kabupaten dan kota dalam pelaksanaan sistem pelaporan realisasi pelaksanaan program atau kegiatan pembangunan. Baik realisasi fisik maupun keuangan.

Sistem itu diberlakukan dalam rangka transparansi pelaporan, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan atau akuntable serta wajar. (musfah)