Terbetik

Komentar

Disdik Padang Kerjasama Dengan LPMP dan FMIPA UNP Tingkatkan Pengelolaan Laboratorium

padangmedia.com , Senin, 10 Desember 2012 18:46 wib

 

PADANG - Untuk meningkatkan kapasitas guru serta memenuhi mutu pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Padang mengadakan kerjasama dengan Lembaga Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat dan Fakultas FMIPA UNP. Kerjasama tersebut dalam bentuk pengelolaan laboratorium di masing – masing sekolah di Kota Padang.

Kepala Dinas Penidikan Kotang Padang, Indang Dewata menjelaskan, berkaitan dengan sertifikasi karena guru yang menjadi kepala labor akan diakui jam sertifikasinya sebanyak 12 jam.

“Selain itu, untuk menjadi kepala labor, tentu harus menyelesaikan sejuamlah pendidikan yang akan dilakukan oleh FMIPA dan LPMP,”jelas Indang kepada padangmedia.com di kampus UNP usai penandatanganan kerjasama di UNP, Senin (10/12).

Salah satu yang dilakukan, lanjutnya, pendidikan mengenai labor oleh dosesn-dosen FMIPA sesuai dengan mata pelajaran pada labor tersebut. Untuk saat ini, Disdik Padang lebih fokus pada labor Kimia, Fisika, dan  Biologi.

“ Jika guru akan menjadi kepala labor, maka perlu menyelesaikan sejumlah pelatihan dan diberikan sertifikat yang diketahui oleh LPMP,”imbuhnya.

 Indang menambahkan, dengan adanya kepala labor bersertifikat, maka akan berpengaruh pada peningatan mutu pendidikan. Karena sertifikat tersebut menunjukkan kapasitas guru setelah melalui pengawasan dan binaan dari LPMP.

Sementara itu Dekan FMIPA UNP, Lufri mengatakan konsep yang akan dilakukan FMIPA adalah menyediakan dosen yang akan memberikan pelatihan pada guru. “Materi apa saja yang akan diberikan tentunya telah disiapkan sebagai bekal guru tersebut dalam mengelola labor yang akan dipimpinya,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala LPMP Sumbar, Jamaris Jamna menambahkan kerjasama ini merupakan sinergi dengan program yang ada di LPMP yaitu peningkatan mutu. Untuk penambahan dan pengakuan 12 jam sertifikasi merupakan sisi lainnya dari kerjasama ini.

Jamaris mengharapkan, ke depan akan terjalin kerjasama lain yang lebih luas lagi dalam peningkatan mutu terutama pada labor-labor pada mata pelajaran yang ada pada sekolah -  sekolah di seluruh Sumatera Barat. (der)

Berita Terkait