Terbetik

Prosmiling PKPU Diserbu Masyarakat Gunung Sarik

Oleh : rin , Kamis, 06 Desember 2012 08:01 wib

PADANG - Program Kesehatan Masyarakat Keliling (Prosmiling) yang digelar Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Padang bekerjasama dengan Puskesmas Belimbing dan PKK Kelurahan Gunung Sarik diserbu masyarakat, Rabu (5/12). Dalam pelayanan kesehatan yang dipusatkan di Kampung Jamabak Gunung Sarik tersebut sedikitnya ada sekitar 150-an warga setempat yang memanfaatkan layanan gratis untuk memeriksakan kesehatan mereka.

Dalam pelayanan kesehatan sistem jemput bola itu, masyarakat mendapatkan pemeriksaan umum, konsultasi kesehatan, pengukuran tensi, cek gula darah dan obat-obatan.

Saat aksi kesehatan berlangsung, masyarakat yang tengah melakukan pemeriksaan kesehatan mendapat kejutan dengan hadirnya Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di tengah mereka. Mahyeldi ikut menyaksikan tenaga medis bekerja dan berdialog dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan mereka. Atas nama Pemko Padang, Mahyeldi menyambut baik adanya kegiatan pengobatan ini karena tidak akan mampu sendiri dilakukan oleh pemerintah. Dengan adanya sinerji dan kerjasama dengan berbagai pihak, tingkat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan.

“Sinerji seperti ini sangat kita harapkan dan harus terus kita dorong. Hal ini sudah dibuktikan PKPU bersama dengan Puskesmas dan PKK mampu bersama – sama melakukan pelayanan kesehatan,” kata Mahyeldi.

Lurah Belimbing Kuranji Padang, Maskur turut mengungkapkan apresiasinya dengan adanya aksi kesehatan ini dan berharap adany pelayanan kesehatan secara rutin. Dengan diadakan di pemukiman warga, maka tak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut.

Tampak hadir Ketua PKK Gunung Sarik, Mina Dewi yang turut turun tangan menangani pendaftaran pasien.

Koordinator Prosmiling PKPU Padang, Jafar mengungkapkan, aksi kesehatan di Gunung Sarik ini yang kelima di gelar PKPU di sejumlah titik di kota Padang dalam sepekan terakhir. Aksi sebelum digelar daerah Batu Busuk Kelurahan Lambung Bukit Pauh, Timbalun Kelurahan Bungus Timur Bungus Teluk Kabung, Pagang Kelurahan Kurao Pagang Nanggalo dan Kelurahan Bandar Buat Lubuk Kilangan. Dari aksi kesehatan ini telah melayani lebih dari 700 orang secara gratis.

Dalam aksi pelayanan kesehatan PKPU menurunkan dua orang dokter, apoteker , ahli gizi dan relawan. Dari keterangan Dokter Boby umumnya masyarakat yang berobat mengeluhkan sakit gatal – gatal, demam, hipertensi, rematik, penyakit kulit dan radang. Bahkan ada juga konsultasi mengenai gizi anak dan lainnya. Bagi sakit yang tidak butuh perawatan lebih lanjut akan dirujuk ke rumah sakit . (rin/rel)

 

Berita Terkait