Terbetik

Komentar

Bupati Kunjungan Mendadak ke SMA Negeri 1 Rao

padangmedia.com , Jumat, 23 November 2012 09:23 wib

PASAMAN - Bupati Pasaman, Benny Utama melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah di kawasan Pantura (Panti, Tapus, Rao) untuk melihat lebih dekat terkait pelaksanaan pembangunan yang sedang berlangsung di daerah itu.

Dalam lawatannya itu, Bupati masih menyempatkan diri serta mengajak semua unsur Muspika setempat untuk melihat pelaksanaan pembangunan gedung baru bertingkat milik SMA Negeri 1 Rao yang saat ini memasuki tahap finishing.

“Harap digaris bawahi. Ini bukan kunjungan mendadak seperti yang dikira, tapi ini adalah kunjungan silaturrahmi bersama masyarakat,” kata Bupati saat menjawab pertanyaan padangmedia.com ketika melihat satu demi satu ruangan di gedung baru itu, kemarin.

Bupati mengatakan, kunjungannya tersebut hanya bermaksud untuk melihat kondisi terkini di salah satu sekolah favorit di wilayah utara Kabupaten Pasaman itu.

“Kunjungan dilakukan untuk mengetahui kondisi riil di lapangan. Termasuk  sekolah ini guna mengetahui sudah sejauh mana pelaksanaan pembangunan yang ada di sekolah ini. Juga, apakah ada kendala apa tidak,” timpal Bupati.

Dia mengatakan, bahwa Pemkab Pasaman komit memajukan dunia pendidikan di daerah itu. Berbagai sarana prasarana serta infrastruktur di bidang pendidikan digenjot dari berbagai sumber dana, baik APBD maupun APBN.

“Untuk diketahui, pembangunan sepuluh ruang kelas baru bertingkat di sekolah ini menghabiskan dana APBD Kabupaten Pasaman sebesar Rp2,5 miliar. Sama mahalnya dengan pembangunan gedung baru dan bertingkat juga di SMA Negeri 1 Lubuksikaping,” sebutnya.

Bupati mengatakan, sampai tahun 2012 ini, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Pasaman telah mengalami peningkatan dan pemerataan yang cukup signifikan.

“Jika untuk jenjang TK sampai dengan SMP telah mencakup seluruh kecamatan, maka untuk jenjang SMA sederajat masih menyisakan beberapa kecamatan yang belum memiliki seperti di Kecamatan Rao Utara dan Mapattunggul Selatan,” katanya. 

Untuk itu, kata Bupati, kebijakan strategis dalam rangka pemerataan akses pendidikan dengan mencanangkan bahwa pada 2014 seluruh kecamatan di daerah itu telah memiliki sekolah pada jenjang SMA-sederajat.

“Tahun ini, pembangunan SMA di Mapattunggul dan SMK di kecamatan Simpati sudah rampung. Dilanjutkan pembangunan SMA baru di kecamatan Rao Utara di 2013. Setelah itu baru pembangunan SMA di Mapattunggul Selatan pada 2014,” kata Bupati Benny. (wahyu)