Penyalahgunaan Narkoba Tiap Tahun Terus Meningkat

padangmedia.com , Kamis, 04 Oktober 2012 13:05 wib

PADANGPANJANG - Pemberantasan narkoba yang saat ini sudah menyebar ke daerah-daerah terpencil di Indonesia butuh peran aktif masyarakat. Penuntasan narkoba tidak bisa dilakukan hanya oleh Badan Narkotika saja. 

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Padangpanjang yang juga Ketua Badan Narkotika Kota (BNK) Padangpanjang, Ir. Edwin SP pada apel peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2012 di halaman Balaikota hari ini, Kamis (4/10).

Dijelaskan Edwin, data penyalahgunaan narkoba setiap tahunnya menunjukan grafik peningkatan. Tahun 2008, pemakai narkoba usia 10 tahun sampai 59 tahun tercatat sebanyak 1,99 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Pada tahun 2010 mengalami peningkatan 2,21 persen.

"Jika tidak ditanggulangi secara bersama dan terpadu, maka jumlah ini akan terus mengalami peningkatan. Diprediksi tahun 2015 preferensi pengguna mencapai 2,8 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 5,1 juta orang atau sama dengan jumlah penduduk Sumatera Barat," katanya.

Dikatakan Edwin, orang tua memiliki kewajiban dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya. Termasuk dalam memberikan hak kesempatan untuk mendapatkan pendidikan di sekolah.

Sementara, pemerintah memiliki tanggung jawab dalam penyediaan fasilitas pendidikan dan pelayanan pendidikan lainnya. Termasuk fasilitas penunjang untuk anak-anak agar calon generasi  bangsa terpenuhi kebutuhan pendidikannya.

Melalui apel bersama yang diikuti semua unsur Muspida Plus, Pelajar dan SKPD di lingkungan Pemko Padangpanjang, Edwin mengajak semua pihak untuk menjadikan narkoba sebagai musuh bersama. Ia juga mengajak semua pihak memberantas segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

“Kita tidak ingin generasi penerus, anak sekolah, remaja dan pemuda Kota Padangpanjang menjadi korban narkoba yang jelas akan mengganggu kesehatan jasmani dan rohani, mengganggu organ vital tubuh, apalagi sampai menimbulkan gangguan ketertiban,” ungkap Edwin.

Usai apel bersama tersebut, diberikan award berupa uang tunai dari Pemko Padangpanjang untuk Jajaran Polres Kota Padangpanjang yang berhasil menangkap dan mengamankan narkoba jenis ganja kering. Kemudian dilanjutkan dengan pembakaran narkoba dan dilanjutkan dengan kegiatan marathon jantung sehat mengelilingi kota Padangpanjang. (isril)

Berita Terkait