Terbetik

Pemko Padang Tambah 1 Unit Mobil Damkar

padangmedia.com , Senin, 01 Oktober 2012 14:53 wib

padang, penambahan mobil damkar

PADANG - Walikota Padang, H. Fauzi Bahar melaunching satu unit mobil pemadam kebakaran yang baru, Senin (1/9). Mobil pemadam yang baru ini merupakan penambahan armada yang masih kurang di Dinas Pemadam Kebakaran tersebut.

Walikota mengatakan, penambahan armada pemadam sangat penting dilakukan mengingat saat ini di Kota Padang sering terjadi kebakaran.

"Penambahan armada Pemadam Kebakaran ini menjadi prioritas. Karena, saat ini di Kota Padang sering terjadi Kebakaran," katanya kepada padangmedia.com usai peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Aia Pacah sekaligus launching mobil pemadam kebakaran yang baru tersebut.

Ia menyebutkan, pembelian mobil pemadam senilai Rp1,59 miliar dianggarkan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Ke depannya kita masih membutuhkan beberapa unit lagi mobil pemadam kebakaran. Mudah - mudahan tahun depan dapat kita anggarkan,"ujar Walikota.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budhi Erwanto menjelaskan, kondisi yang tengah dihadapi sebenarnya adalah kekurangan armada. Dengan penambahan 1 unit mobil pemadam kebakaran, maka sedikit melengkapi armada yang telah ada.

"Sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran sudah memiliki 11 unit mobil. Dengan penambahan ini menjadi 12 unit. Kelebihan dari mobil baru ini adalah berkapasitas tangki lebih besar yakni 6.000 liter," tambahnya.

Selain membutuhkan mobil yang berkapasitas lebih besar, lanjut Budhi, saat ini pihaknya juga sangat mengharapkan untuk penambahan berikutnya adalah mobil pemadam yang dilengkapi dengan tangga yang dapat menjangkau gedung berlantai 4 atau lebih.

"Kebutuhan terhadap mobil pemadam bertangga ini mengingat di Kota Padang pasca gempa ini pembangunan gedung bertingkat sudah marak kembali," jelasnya seraya mengulas bahwa untuk kebutuhan tersebut butuh dana sangat besar karena harga satu unit mobil pemadam bertangga tersebut mencapai Rp10 miliar.

"Dengan adanya penambahan mobil baru ini, kita dapat lebih maksimal bekerja di lapangan dalam menanggulangi kebakaran," tukasnya. (der)

Berita Terkait