PTN Bisa Kolaps

Galau Rektor UNP: Jika Quota Pusat Dipertahankan

padangmedia.com , Minggu, 30 September 2012 01:33 wib

PADANG-Jika quota untuk dosen dan pegawai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tetap ditentukan oleh pusat sementara kondisi ril akan kebutuhan tenaga di PTN tertentu  tidak dipahami, maka PTN bisa kolaps.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Dr. Phil. Yanuar Kiram mngungkapkan kegalauannya terkait kebijakan pemerintah yang mengatur quota dosen dan pegawai di PTN, S

"Jika quota untuk pegawai dan dosen tetap dibatasi oleh Jakarta (pemerintah pusat) maka PTN seperti UNP lama kelamaan bisa kolaps,"katanya.

Yanuar menyebutkan, jumlah dosen dari tahun ke tahun di UNP sendiri semakin berkurang, akibat kebijakan pusat.  Penambahan dosen dijatah 18 per tahun sementara dosen dan pegawai yang pensiun 70 orang setiap tahunnya.

"Jika kondisi semacam ini terus berlangsung , maka selama 5 tahun ke depan, UNP akan kekurangan pegawai sebanyak 240 orang,"ujarnya.

Dijelaskan, saat ini jumlah dosen dan pegawai di UNP sekitar 1.014 orang sementara jumlah mahasiswa mencapai 34.000 orang.

"Jika dikatakan jumlah ini mencapai rasio, mahasiswa dan dosen mungkin balance-lah. Sebab pemerintah berasumsi, kan  ada information technology (IT) yang dapat. Sementara jumlah mahasiswa setiap tahun juga bertambah, maka rasio yang ideal itu akan sulit tercapai, sedangkan IT tidak mungkin menggantikan manusia dalam mendidik,"tukasnya.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara agar dapat memperhatikan hal ini.

"Perhatian yang diharapkan bukan berarti untuk UNP semata melainkan melihatnya dari sisi kepentingan masyarakat,"tandasnya.(der)

 

Berita Terkait