Terbetik

Suasana Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan Dingin

padangmedia.com , Rabu, 15 Agustus 2012 16:12 wib

PADANG - Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahun, lazimnya masyarakat sudah sibuk dengan persiapan perlombaan-perlombaan serta nuansa merah putih yang menghiasi setiap gedung perkantoran hingga gapura di setiap lorong permukiman.  Namun, susananya tampak berbeda pada bulan Agustus tahun ini, terkesan dingin dan tak semeriah biasanya.

Di Kota Padang, tak banyak gedung-gedung perkantoran, baik instansi pemerintah maupun swasta yang berhias merah putih atau merawa. Begitu juga gapura-gapura di setiap kelurahan dan tingkat RT/RW tak terlihat persiapan berarti untuk memeriahkan menyambut tanggal 17 Agustus, yang merupakan HUT RI ke-67.

Sepanjang pantauan padangmedia.com hingga hari ini, Rabu (15/8), di kantor-kantor pusat pemerintahan sebagian memang sudah berhias dengan balutan merah putih, termasuk rumah-rumah dinas petinggi di ibukota provinsi ini. Bertolak belakang dengan gedung-gedung perkantoran swasta yang terlihat tidak begitu menunjukan antusiasme menyambut HUT RI ini.

Sementara itu, pedagang-pedagang bendera yang masih terlihat ramai mangkal di pinggir-pinggir jalan Kota Padang sebagian besar tidak dapat bernafas lega. Mereka mengaku berjualan bendera tahun ini benar-benar tidak bisa diharapkan bisa mendatangkan untung yang lumayan karena penjualan bendera sepi.

"Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya dua hari menjelang 17 Agusutus saya sudah bisa mengantongi keuntungan setidaknya Rp800 ribu hingga Rp 1 juta," ujar Anto (29), pedagang bendera yang berasal dari Jawa Barat .

Anto mangkal di Jalan Rasuna Said, Padang. Ia telah mulai berjualan bendera bersamaan dengan masuknya puasa.

Diakui Anto, tahun ini sepi pembeli. Selama 6 tahun berturut ia berjualan bendera, tahun ini ia merasa agak merugi. Dua orang anak buahnya yang berjualan di Jalan Khatib Sulaiman dikatakan Anto juga bernasib sama.

"Mungkin karena HUT RI sekarang berdempetan dengan Hari Raya dan jatuhnya hari Jumat di bulan puasa pula, makanya orang tidak berpikir membeli bendera, tapi lebih berpikir untuk lebaran," kata Anto.

Begitupun dengan beberapa lurah yang sempat dihubungi padangmedia.com siang ini mengaku tidak punya agenda kegiatan khusus untuk memeriahkan HUT RI. Seperti biasa ada lomba pacu karung, panjat pinang, joget apel atau berorkes dangdut, kali ini tidak ada.

"Tidak ada agenda khusus, kecuali upacara bendera pada tanggal 17 nanti," ujar Ermon, Lurah Dadok Tunggul Hitam.

Yang lain beralasan, peringatan menyambut HUT RI kali ini sepi-sepi saja karena sedang menunaikan ibadah puasa. Lagipula waktunya berdempetan dengan Hari Raya Idul Fitri 1433 H.  (der)

Berita Terkait